Friday, September 14, 2007

Maraknya Kasus Penculikan Anak

Recently, bapak-bapak dan ibu-ibu se-Indonesia dilanda keresahan. Hal ini disebabkan karena maraknya kasus penculikan anak. It happens everywhere. Yang paling famous sih kasusnya Raisyah Ali..Sampe-sampe Bapak Presiden kita tercinta SBY aja ikut concern sama masalah hilangnya si anak ini. Thank God Raisyah dikembalikan dengan selamat ke pelukan orangtuanya. Kita sebagai masyarakat Indonesia juga harus ikut perduli loh..Gimana coba kalo nanti itu terjadi pada anak-anak kita? Emang sih sepertinya kita (baca:remaja) masih lama ya kayaknya punya anak, tapi at least kita kan punya adik, keponakan, sodara jauh, even tetangga yang masih anak" yang bisa aja (amit") mengalami kasus yang sama dengan si Raisyah ini. Contohnya nih ya, gw punya beloved nephew yang lucu sekali namanya An-an. Dia baru aja masuk SD. Lagi bandel"nya tuh ya. Kira" umurnya 7 tahunan kali ya. Dan usia" segitu menurut gw usia yang sangat potensial sekali yang diincer sama para penculik" gak punya perasaan itu. Duh gak kebayang deh kalo sampe keponakan tercinta gw itu kenapa-napa! Amit" cabang baby!

So, what are we supposed to do? Apa yang bisa kita lakukan untuk mencegah aksi para penculik gak punya perasaan itu? Secara mereka punya banyak cara yang canggih" dan well organized sekali dalam melakukan proses penculikan itu. Mulai dari yang cemen dengan cuma nawarin "Ade cantik, ade ganteng..mau permen gak? Om punya banyak loh..Ikut om yuk.." sampe yang expert bisa jemput si anak ke kelasnya dengan ngaku" keluarga dari si anak tersebut..ckckck..Jadilah banyak banget anak" di negeri ini yang diculik dan untuk selanjutnya diikut sertakan dalam bursa perdagangan anak. Jahat banget gak sih?

Menurut gw, ada beberapa cara untuk mencegah terjadinya penculikan anak, antara lain:
*Pertama, karna kasus ini kebanyakan terjadi di sekolah saat anak" bubar sekolah,
sekolah harusnya lebih memperhatikan tuh sistem keamanannya. Mulai dari pintu gerbang yang dibuka jangan banyak". Satu aja. Biar lebih mudah mantau orang" yang keluar masuk sekolah. Trus anak" yang belum dijemput dijagain dong.
*Trus kedua, untuk para orangtua, jemputlah anak" anda di sekolah! Minimal 15 menit sblm mereka bubar kelas, anda udah standby didpn kelas. Jangan nyuruh anak pulang sendiri..Berpotensi nyasar dan jadi sasaran empuk penculikan tuh!!
*Ketiga, untuk para penculik yang gak punya perasaan, coba deh sebelum menculik tuh pikir" lagi, gimana kalo sampe anak mereka sendiri yang diculik hayo?? Gak mau kan?! Hati" bang penculik, karma does exist lho..Bisa aja paginya nyulik anak orang, eehh sorenya kecolongan..Anaknya sendiri juga diculik..Hayo!!
*Terakhir, buat para penculik gak punya perasaan lagi nih..I suggest, daripada sibuk" mikir nyari cara untuk nyulik anak orang, udah tegang..Beresiko dipenjara lagi kalo ketawan..Mendingan culik dan jual aja anak sendiri!! Kan enak tuh dapet duit..Gak ribet lagi nyuliknya..Ada dirumah sendiri gitu..Ntar kalo kepengen punya anak lagi, ya bikin lagi ajah....Kalo bosen jual lagi..Trus bikin lagi..Dan begitu seterusnya..Ide yang bagus bukan??

Well, semuanya kembali lagi ke para orangtua. Harus lebih baik dan lebih ketat lagi dalam menjaga dan mengawasi anak"nya. Meleng sedikit bisa" anak udah raib aja gitu.
Kalo kata Bang Napi nih, para orangtua..waspadalah!
Waspadalah!

No comments: