Saturday, October 20, 2007

Perda Baru Nih..

Baru-baru ini baru aja diberlakukan Perda Tibum atau Peraturan Daerah Ketertiban Umum..
Larangan yang terdapat pada Perda ini antara lain :
1. Ngga boleh jalan kaki ngga di trotoar
2. Ngga boleh nyebrang ngga di jembatan penyebrangan
3. Ngga boleh buang sampah, meludah dan ngerokok di angkutan umum
4. Ngga boleh beli barang di PKL a.k.a Pedagang Kaki Lima
5. Ngga boleh berdagang di trotoar, halte dan jembatan penyebrangan.
6. Ngga boleh jadi pengemis, pengamen, pedagang dan pengelap mobil
7. Ngga boleh melakukan praktik pengobatan tradisional dan kebatinan
8. Ngga boleh memasang lambang, simbol, bendera, spanduk dan umbul2 di tempat umum
9. Ngga boleh memanfaatkan ruang di bawah jembatan atau jalan layang.

Perda ini menurut gw ada bagusnya ada ngganya. Beberapa aturan emang bagus dan perlu dibuat untuk tujuan menertibkan seperti aturan nyebrang..Banyak banget orang di jalan raya gede main nyebrang aja asal2an padahal jelas2 dipelupuk mata mereka terlihat jelas ada jembatan penyebrangan..Alesannya sih pasti "cape naik tangganya.." Helllooooo..Do they realize yang mereka lakuin itu gak hanya ngebahayain mereka, tapi juga ngebahayain para pengendara mobil/motor??

Trus juga gw setuju banget tuh sama aturan gak boleh buang sampah, ngeludah sama buang sampah di angkutan umum.. Karna emang kenyataannya sih orang2 tuh ya kok bisa2nya sejorok itu buang ludah, di angkot! Iya diangkot!! Yaiks.. trus juga ada yang semena2 ngerokok aja gitu di angkot atau di bis..Pada gak tau apa ya asapnya kan bahaya juga buat para second hand smoker kaya gw..Kita gak ngerokok tapi kena imbasnya..Semena-mena..

Tapi ada juga peraturan yang gak masuk akal, seperti ngga boleh beli barang di pkl...Gak adil aja menurut gw..Mereka kan usaha..Jualan untuk mempunyai penghasilan..Untuk membiayai hidup mereka..To survive in this big city..Kok kita gak boleh beli barang jualan mereka? Masa sih kita gak boleh bantu mereka? Sama aja kayak Perda yang belum lama keluar, bahwa kita gak boleh memberi pada pengemis..Yaampun masa sih sedekah dilarang?? Emang sih tujuannya mungkin untuk menertibkan juga, supaya jalanan lebih rapi dan tertib tanpa banyaknya pengemis yang tersebar..Tapi gak masuk akal aja kan..Masa kalo kita emang niat mau sedekah, mau infaq, ehh malah bisa2 di denda..Ada2 aja..

Trus gimana dengan kelanjutan Perda Tibum ini? Mengerikan juga sih..Karna hukuman bagi yang melanggar juga gak main2..Kurungan minimal 10 hari, maksimal 180 hari..Atau denda minimal Rp.100ribu dan maksimal Rp.50juta..Males juga kan kalo hanya karna kita gak nyebrang di jembatan trus dipenjara aja duluu minimal 10 hari..

Tapi seperti Perda-perda sebelumnya, aturan yang udah dibuat itu gak diawasi bener-bener oleh pihak yang berwajib..Kadang hanya di tempat-tempat tertentu aja mereka mengawasi..Jadi jangan salahin kalo masyarakat baca Perda Tibum ini terus nanggepin dengan datar-datar aja..Gak greget gimana gitu..Ya karna emang yang buat aturan sendiri juga terkesan gitu2 aja..Maksudnya gak ditangani secara serius..Cuman bikin aturan..trus udah..Bikin lagi..Udah..

Yaa kita liat aja kedepannya gimana..Apakah Perda ini akan bener2 di berlakukan secara bener2 tertib? Akankah pihak yang berwajib bener2 mengawasi jalannya Perda ini? Akankah sanksi bener2 diberlakukan bagi pelanggar Perda? Akankah Jakarta menjadi tertib dengan adanya Perda Tibum ini? Atau akankah menyusul Perda-perda yang lain??
Just wait and see.....

No comments: