Friday, October 19, 2007

We Better Be Ready..

Indonesia menangis (lagi..). Bencana alam kembali terjadi. Semenjak dari gempa dan tsunami yang terjadi di Aceh Desember 2004, negara kita terus diguncang oleh rentetan peristiwa yang menyedihkan. Kapal tenggelam.. Pesawat hilang.. Banjir.. Tapi yang paling sering terjadi dan memakan banyak korban jiwa ya gempa bumi itu. Nias..Yogyakarta..Pangandaran..Terakhir gempa sebesar 6,9 SR terjadi di Bengkulu. Gak lama kemudian gempa juga terjadi di Padang. Cobaan yang datang bertubi-tubi ini lantas membuat rakyat Indonesia jadi mikir, apa salah kita??

Ya, apa sih salah kita? Sampe Tuhan terus-terusan aja ngasih cobaan yang berat sama negara kita? Jawabannya mungkin aja bisa kita dapet dengan bertanya ke diri sendiri. Apa selama ini we do the right thing? Ke alam kita, ke sesama manusia, even ke tumbuhan dan binatang? Kayaknya ngga ya.. Masih banyak banget orang yang tega nebang pohon yang seharusnya gak boleh dilakukan. Masih banyak banget orang yang tega menyakiti, menangkap even memburu binatang. Udah gitu tingkat kejahatan di negara ini setiap tahunnya terus meningkat. Masih banyak banget manusia yang gak sayang sama manusia lainnya. Kejahatan terjadi dimana-mana. Ada anak tega bunuh bapaknya, suami bunuh istri, bapak bunuh seluruh anggota keluarga, dan banyaaak yang lainnya. Masih banyak orang yang buang sampah sembarangan yang akhirnya bikin saluran jadi mampet yang ujung-ujungnya banjir deh. Waaah masih banyak banget deh kelakuan-kelakuan kita yang lain yang mungkin pada akhirnya membuat Tuhan murka sama kita. Akhirnya kita di azab deh..

Trus yah waktu itu kan gw diajak nyokap ikut pengajian gitu yah.. Disitu pas banget lagi ngomongin tentang ujian dan cobaan gitu. Salah satunya ngomongin tentang gempa bumi. Trus masa kata ustadnya yah, kita yang di Jakarta siap-siap aja. Siap-siap di azab maksudnya. Mungkin selama ini gempa yang terjadi disini cuma berasa dikit-dikit aja. Tapi kata ustadnya tunggu aja tanggal mainnya. Menurut beliau, kota Jakarta itu pusatnya kemaksiatan..Pusatnya kejahatan..Jadi kita-kita yang tinggal di Jakarta better be ready katanya. Hiiiiiiiyyyy... Sereeeem banget gak sih? Ya, gak tau sih ya omongan Bu Ustad itu bener atau ngga..Itu kan hanya asumsi manusia.
Tapi yah..ada benernya juga. Gak ada salahnya kalo mulai sekarang kita lebih mendekatkan diri sama Tuhan.. Melakukan banyak kebaikan.. Sayangi semua manusia dan mahluk hidup lainnya di muka bumi..
Karna kita gak pernah tau sampe kapan kita hidup..
Kita gak pernah tau......

No comments: