Sunday, December 16, 2007

Such a Weird Climate Change

Ngerasa gak sih, akhir2 ini cuaca dinegara kita tuh aneh..Gak jelas gitu..
Sebentar panas, trus ujan, trus puanaass banget, trus ujan badai..
Sepertinya efek pemanasan global semakin hari semakin terasa..
Serem gak sih..
Hmm kadang gw mikir, apa ya yang bisa gw lakuin untuk memperbaiki bumi yang rusak ini? Ceileh gaya bener gw..Kayak yg mau ngapaiiin gitu..Eh tp bener loh..Waktu itu gw pernah baca majalah yang disitu ada kiat2 apa aja yang bisa kita lakuin untuk mencegah global warming, trus gw terapin tuh beberapa dari kiat2 tersebut..
Trus abis itu gw mikir, ngaruh gak sih??
Ngaruh gak sih apa yang gw lakuin itu?
Mengurangi panasnya bumi gak sih?


Sedangkan diluar sana ada buanyyaaaaak buanget orang yang gak peduli..
Banyak bener hutan2 di dunia, gak usah jauh2 deh, di Indonesia aja, yang notabene menjadi paru-paru dunia dan pengendali tata air, ditebangin untuk kepentingan industri semena2 tanpa reboisasi..
Belom lagi dunia industri yang banyak bener menghasilkan limbah (seperti kondom yang gw tulis sebelumnya, hoekkk) yang suka dibuang sembarangan yang dapat membahayakan lingkungan...
Udah gitu sampah..Makin banyak orang, makin banyak sampah..
Bahkan menurut The Body Shop, setiap harinya sampah warga Jakarta punya berat yang sama dengan 6955 ekor gajah!! Haa?? Masa sih?? Udah gitu sampah juga nghasilin gas metan..fyi, gas metan adalah salah satu gas yang terdapat dlm gas rumah kaca yang memperparah global warming..
Hiiiy..Udah bau, bahaya lagi..Dasar sampah..


Huaaa jadi gimanaaaa???
Bumi udah terlanjur rusaak!!
But better late than never, right?

Mulai sekarang yuk kita berbuat sesuatu..Walau sedikit, at least we've done something..
Yang gampangnya aja deh, bisa kan kita:
* Set temperatur AC gak usah terlalu dingin, 25 derajad jg cukup kan..Naikin 2 derajat temperatur aja udah nghemat 900 kg CO2 dalam satu tahun..fyi, CO2 is the biggest cause of global warming..
* Irit tissue, karna tissue adalah salah satu hasil hutan, sama kayak kertas..
* Irit air, kalo pake air panas juga set temperaturnya sebatas gak dingin aja, karna ngaruhnya sama kaya AC..
* Jangan buang sampah sembarangan!! Aduhh warga Jakarta kayaknya susaaah bener buat yang satu ini..Waktu itu gw liat ada yang buang sampah ditol! Iya di jalan tol!! Norak banget sih..Gak tau aturan..Buang sampah pada tempatnya tuh mencegah pencemaran air dan tanah loh..Mencegah banjir juga pastinya..
* Matiin secara tuntas alat elektronik..Misalnya tv, matiin sampe mati jangan biarin lampu standby yang merah kecil itu masih nyala..Matiin tuntas satu aja bisa mencegah 450kg CO2 melayang ke udara tiap tahunnya loh...
* Spread your knowledge..Ingetin ke orang2 sekitar kita supaya berbuat yang lebih earth friendly, supaya mereka lebih aware sama lingkungan..


Kalo cuma itu aja pasti bisa dooong?? Emang sih masih banyak banget yang bisa kita lakuin tapi gak usah muluk2 deh..Itu aja dulu yang gampang..
Dan ternyata hal yang segampang itu ngaruh loh! Mungkin kita gak bisa ngeliat hasilnya secara langsung, tapi trust me, apa yang kita lakuin itu ngaruh banget!
Cuma ada dua,

KALO KITA GAK PEDULI, BERARTI KITA LAGI NGERUSAK.
So come on, do something!!


(Source : Gogirl Magazine)

No comments: